Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Cara Mudah Agar Cabai Tidak Meletus Saat Digoreng & Ditumis

KreasiMu - Saya suka sekali membuat dan menyantap sambal, baik mentah maupun yang matang. Tapi, kadang saya suka sebal kalau membuat sambal matang karena harus menggoreng cabai terlebih dulu. Cabai itu kalau digoreng atau ditumis ternyata juga bisa menimbulkan letusan. Efeknya, minyak akan terciprat ke mana-mana, termasuk ke tangan saya. Cukup perih rasanya. 

Nah, setelah bereksperimen berkali-kali, letusan cabai ternyata bisa diatasi dengan mudah, lho. Anda hanya perlu mengikuti 5 tips sederhana di bawah ini saja. 

1. Pastikan cabai dalam keadaan kering

Sebelum diolah, cabai memang harus dicuci dulu supaya bersih. Namun, jangan langsung masukkan cabai yang basah ke dalam wajan berisi minyak panas. Air yang menempel pada cabai akan memicu letusan kalau bersentuhan dengan minyak. Oleh karena itu, langsung keringkan cabai setelah dicuci menggunakan tisu dapur atau lap bersih, ya. 

2. Iris atau belah cabai terlebih dahulu

Dalam keadaan utuh, cabai memiliki kandungan udara di dalamnya. Udara ini akan menguap saat terkena minyak panas dan akhirnya membuat cabai meletus. Nah, untuk mencegahnya, iris cabai terlebih dahulu; bisa menjadi 2 atau 3 bagian. Jika anda ingin mengolahnya menjadi sambal, cabai lebih baik dibelah saja secara vertikal tanpa putus. Ini juga dapat mencegah minyak supaya tidak ada minyak berlebih di dalam cabai. 

3. Gunakan sedikit minyak

Kalau menggoreng bahan makanan lain dianjurkan menggunakan banyak minyak, menggoreng cabai malah sebaliknya. Untuk menggoreng cabai, anda hanya perlu menggunakan minyak sedikit saja, kira-kira 5 sdm. Sedangkan untuk menumis cabai, 2 sdm makan minyak sudah cukup. 

Penggunaan sedikit minyak ini akan mencegah cabai “melompat-lompat” atau meletus saat digoreng dan ditumis. Selain itu, minyak juga tidak menjadi mubazir. Karena biasanya, minyak bekas cabai tidak akan digunakan lagi lantaran sudah terkena efek pedas. 

4. Goreng atau tumis di api yang kecil

Selain menggunakan minyak yang sedikit, menggoreng dan menumis cabai juga lebih baik dilakukan di atas api yang kecil. Api kecil akan menjaga suhu minyak sehingga tidak terlalu panas dan tidak membuat cabai meletus. Tidak hanya itu, penggunaan api yang kecil juga membuat cabai matang dengan baik dan merata. 

5. Jika menggoreng cabai dalam jumlah banyak, gunakan penutup wajan

Kalau anda akan menggoreng cabai dalam jumlah banyak, akan cukup merepotkan jika harus mengirisnya satu per satu. Selain itu, menggorengnya pun tidak bisa sekaligus karena jumlahnya jadi bertambah 2-3 kali lipat. Lumayan menghabiskan waktu, kan? 

Nah, supaya lebih efektif, cabai-cabai tersebut bisa anda beri sayatan menggunakan pisau. Kemudian, saat digoreng, gunakan penutup wajan supaya letusan minyak tidak terciprat ke mana-mana. Tapi, tetap gunakan minyak yang seimbang dan api yang kecil ya untuk meminimalisir letusan dari cabai. 

Itulah 5 tips sederhana agar cabai tidak meletus saat digoreng ataupun ditumis. Kunci utamanya ada pada penggunaan minyak yang sedikit dan api yang kecil. Dan setelah cabai matang, segera angkat dan tiriskan ya supaya tidak gosong. Semoga info ini bermanfaat!

Untuk mendapatkan cabai aneka jenis dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan Anda membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan petani dan pelangganya. 

Selain cabai, Anda juga dapat membeli aneka produk kebuthan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore. Semoga informasinya bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar