Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal Asuransi Jiwa Keluarga Beserta Ridernya

mengenal asuransi jiwa keluarga beserta ridernya

Asuransi jiwa merupakan salah satu produk asuransi yang paling umum di pasaran dan dikategorikan ke dalam beberapa jenis yang berbeda-beda. Salah satunya adalah asuransi jiwa untuk keluarga. Sesuai namanya, produk asuransi satu ini yang ditujukan untuk keluarga.

Pengertian Asuransi Jiwa Keluarga

Asuransi jiwa keluarga merupakan istilah umum untuk polis yang meng-cover anggota keluarga. Polisnya bisa Anda gunakan untuk menanggung berbagai biaya, seperti biaya pemakaman, utang biaya kuliah, kehilangan pekerjaan karena kecelakaan atau meninggal, atau biaya hidup anak.

Dengan memiliki asuransi satu ini, maka keluarga yang ditinggalkan tentunya tidak khawatir memikirkan finansialnya di masa depan jika pencari nafkah di keluarga meninggal dunia karena ditanggung pihak asuransi. Untuk itu, penting memiliki asuransi satu ini.

Rider Asuransi Jiwa Keluarga

Adanya rider atau tambahan memungkinkan Anda memperluas perlindungan polis asuransi untuk keluarga. Nah, secara umum, rider pada asuransi jiwa keluarga adalah sebagai berikut berdasarkan situs luar negeri Nerdwallet:

  1. Rider untuk pasangan, yang biasanya berlaku dalam jangka waktu tertentu dan akan kedaluwarsa jika polis asuransi jiwa yang jadi basisnya juga kedaluwarsa, atau jika pasangan Anda sudah mencapai usia tertentu. Namun, Anda bisa mengubah rider ini jadi polis individual selama belum kedaluwarsa.
  2. Rider untuk anak, memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu dan memberikan uang pertanggungan jika anak meninggal selama periode tersebut. Biasanya, rider untuk anak ini bisa meng-cover sejak anak berusia 15 hari hingga 25 tahun. Sepanjang periode tersebut, Anda memiliki opsi untuk mengubah rider jadi polis asuransi jiwa terpisah.
  3. Rider untuk lainnya, yang biasanya bisa meng-cover siapapun yang menjadi tanggungan Anda. Secara teori, rider ini bisa berlaku bagi orang tua, kakek-nenek, pasangan, atau anak.

Hanya saja, perlu Anda catat bahwa rider akan kedaluwarsa jika pemegang polis asuransi jiwa keluarga yang utama (yaitu Anda) meninggal. Dengan begitu, rider tidak bisa memberikan manfaat yang Anda kehendaki. Sebagai solusinya, sebaiknya Anda membeli polis asuransi jiwa yang terpisah untuk masing-masing anggota keluarga.

Itulah pengertian singkat mengenai asuransi jiwa untuk keluarga dan ridernya. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar