Ticker

6/recent/ticker-posts

Mau Beli Motor Bekas? Berikut Cara Merawat Agar Performa Tetap Terjaga

Semua kendaraan roda dua baik motor matic atau motor bebek tentunya harus dirawat dengan sangat baik apalagi dipakai sehari-hari. Setiap pemakaian kendaraan harus seimbang dengan perawatan yang mesti dilakukan. Jangan sampai mau mengemudikannya saja tetapi tidak mau melakukan perawatan sama sekali. Jika nantinya terjadi mogok, jangan salahkan orang lain tetapi salahkan diri sendiri yang mengabaikan perawatan untuk motor.

Apalagi bagi yang mau beli motor bekas dimana kendaraan tersebut sebelumnya sudah pernah dipakai oleh pemilik sebelumnya dan tidak tahu apakah benar-benar dirawat atau tidak. Jika kurang dirawat, maka sebagai pemilik yang baru harus bisa merawatnya dengan baik. Sebagai informasi, berikut ini akan dijelaskan cara merawat agar motor selalu dalam performa terbaiknya. 

Sering dipanaskan

Sebelum mulai menggunakan motor, ada baiknya untuk memanaskan motor dalam waktu sekitar 2 sampai 5 menit. Baik motor bebec atau matic, keduanya tentu harus dipanaskan agar mesin bisa panas dan mesin sudah bisa bekerja dengan maksimal. Jadi mulai sekarang cobalah untuk memanaskan motor setiap pagi sebelum memulai semua aktivitas.

Cek komponen aki

Aki biasanya terbagi menjadi 2 jenis, pertama aki basah dan yang kedua aki kering.Aki kering memang lebih awet dibanding yang basah, tapi bukan berarti tidak perlu dicek berkala. Ada baiknya cek dengan rutin kondisi aki, jika pada saat dicek masih bagus, maka motor bisa langsung dikemudikan. Tetapi jika dicek ternyata aki mulai habis masa pakainya, maka tidak ada pilihan lain yaitu membeli komponen yang baru karena ini akan sangat mempengaruhi sistem kelistrikan pada sebuah motor.

Ganti oli dengan berkala

Cara lain agar motor memiliki performa yang tetap terjaga yaitu sebisa mungkin ganti oli pada waktunya dan jangan sampai menyepelekan hal ini karena bisa mempengaruhi kinerja motor. Biasanya oli sudah harus diganti berdasarkan jarak tempuh misalkan sudah lebih dari 1000 kilometer. Pastikan juga menggunakan oli yang sudah pasti kualitasnya agar kinerja mesin bisa lebih bertenaga. Jangan coba-coba untuk menggunakan oli yang bekas karena akan merusak fungsi dari mesin kendaraan. 

Cek busi

Selanjutnya bisa cek busi karena ini juga komponen penting pada motor karena motor bisa menyala berawal dari fungsi busi ini. Terkadang banyak orang yang menyepelakan sparepart yang satu ini padahal jika sudah rusak maka harus bisa cari gantinya agar motor bisa hidup lagi. 

Jadi bagi yang berniat ingin beli motor bekas, maka bisa cari tahu tentang beragam hal di atas. Tetapi jika membeli di balai lelang IBID, maka tidak perlu lagi harus repot mengecek semuanya karena percayakan semuanya kepada ACV yang selalu siap mengecek kendaraan lelang. Ada banyak pilihan motor, jadi jangan sampai motor yang diincar jadi milik orang lain. Selain membeli, di IBID juga bisa menjual motor dengan mengikuti program titip lelang yang juga selalu rutin diadakan sesuai jadwalnya. Mau beli atau lelang motor dengan mudah? gabung ke IBID sekarang.

Posting Komentar

0 Komentar